Kenali Cirinya, 7 Jenis Plat Nomor Yang Jadi Incaran Polisi

Mungkin ada sebagian di antara sobatku yang pernah terkena razia dengan dalih plat nomor yang tidak sesuai. Tidak sesuai disini bukannya nomor plat tidak sama dengan nomor TNKB yang ada di STNK, tapi tidak sesuai karena plat nomor telah di rubah atau di modifikasi sehingga menjadi tidak standar lagi.

Kebanyakan orang memang menganggap kalau plat nomor asli dari kepolisian wujudnya sangat tidak menarik. Ya kayak gitu saja bentuknya. Kadang-kadang tidak serasi dengan motornya. Atau ingin tampil beda dengan yang lain, ya masa plat nomor motor seharga ratusan juta sama dengan plat motor harga belasan juta. Atau sobatku punya alasan lainnya?

Tapi apapun alasannya, merubah atau memodifikasi plat nomor itu tidak di perbolehkan. Sehingga jangan kaget ya kalau suatu saat kena razia.

Lalu apakah tidak ada yang bisa kita lakukan untuk sekedar mempercantik tampilan dri plat nomor yang mengganggu pemandangan ini? Ya bisa saja dengan cara menambahkan pernak-pernik kecil misalnya. Dan hindari merubah atau memodifikasi plat nomor secara berlebihan.

Nah beberapa waktu yang lalu Divisi Humas Mabes Polri lewat media sosialnya telah memposting tentang ciri-ciri utama plat nomor yang menjadi incaran untuk di tindak. Jadi sebisa mungkin sobatku menghindari memakai plat nomor dengan ciri-ciri seperti di bawah ini;

razia plat nomor

1.Angka TNKB yang hurufnya di atur / angka di arahkan ke belakang sehingga terbaca.

2.TNKB di tempeli logo / stiker / lambang kesatuan / instansi yang terbuat dari plastik / logam / kuningan pada kendaraan pribadi.

3.Huruf TNKB di ubah menjadi seperti huruf digital.

4.Huruf dan angka TNKB di cetak miring dan huruf timbul

5.Ukuran TNKB tidak sesuai standar (terlalu besar / terlalu kecil).

6.Menyamarkan warna huruf dan angka TNKB sehingga sulit untuk di baca.

7.TNKB di ubah warna dan di tututp mika sehingga warna berubah.

Sudah jelas kan sobatku. Kira-kira plat nomor motor kesayangan sobatku ada di nomor berapa?

Adalah lebih baik untuk tetap taat pada peraturan daripada melanggar hanya demi keinginan pribadi. Menurutmu?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*