Cuma ada 3 kampas kopling di All New Yamaha R15,downgrade kah?

new r15 2017

Menurut Wikipedia,kopling adalah alat mekanis yang digunakan untuk mentransmisikan daya dari satu komponen ke komponen lainnya ketika diaktifkan (disambungkan).salah dua komponen yang penting dalam kopling yaitu kamkop atau kampas kopling dan perkop

atau per kopling.normalnya semakin besar power sebuah motor,semakin banyak juga kamkopnya.yang Omudin rasakan sih motor dengan jumlah kamkop yang lebih banyak lebih empuk pindah persenelingnya.

mesin all new yamaha R15 di bongkar


Baru-baru ini beberapa orang mekanik Yamaha membongkar mesin dari All New Yamaha R15,bukan karena rusak,tapi mesinnya mau di korek biar lebih njengat.termasuk area kopling pun di korek.dan ternyata kamkop nya cuma ada 3 lembar sobatku.sebagai perbandingan,R15 lama punya 4 lembar,NVA 4,Mx King 4,NVL 5,Vixion keluaran pertama 5.

part kamkop R15 2016



Kok trendnya makin kesini makin sedikit ya kamkopnya sobatku?dari 5 ke 4 terus jadi cuma 3 di All New R15.di All New R15 juga perkopnya cuma 3,sedang R15 lama ada 4.hmm,, downgrade kah ini?apa Yamaha mendowngrade part kopling karena tuntutan untuk membuat harga dari All New Yamaha R15 bisa tetap kompetitif?menurut Omudin sih kayaknya nggak ya.

system assist n slippery cluth all new R15

Gambar di atas mungkin bisa menjawab.dengan di benamkanya Assist n Slipper cluth dalam mesin all new R15.kerja dari kopling pun lebih ringan.sehingga engginer Yamaha berfikiran 3 lembar kamkop dan 3 biji perkop udah lebih dari cukup untuk mesin bertenaga 19,3HP dari All New R15 ini.

Toh selama ini banyak media dan bloger yang sudah mereview All New Yamaha R15 mengatakan perpindahan gigi persenelingnya begitu smooth.malahan kan lebih hemat pas harus ganti kamkop nantinya,karena cuma 3 lembar.kalau menurut sobatku?
sumber;grup facebook yamaha r15 holic

6 Komentar

  1. Pir kopling cuman 3 biji ini sama kayak 2017 GSXR 1000, liat gambar dari artikel di blognya 78deka. Menurut ane AFAIK kalo makin banyak jumlaj pir kop maka dekapan kampas kop nya makin merata distribusi tekanannya, kharisma 125 aja pir koplingnya ada 6 biji, satria FU FI ada 5 CMIIW, kalo soal makin banyak pir ntar kopling jadi berat, itu bisa dimanipulasi pegasnya yg daya tekannya lebih rendah, katakanlah kekuatan 3 pir kopling setara sama 5/6 kopling, namun yg pake pir kop lebih banyak punya kelebihan lebih merata tekanannya bukan?

  2. sebenarnya itu downgrade tp bilangnya embel embel teknologi dan ssbagainya
    .sama kaya jupi robot masalahnya di kopling jelek bgt yamaha mulai awur awuran bikin motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*