Fitur-fitur Yamaha Lexi 125vva Yang Begitu Menggoda Hati

Oke sobatku semua, menyambung artikel kemarin tentang Yamaha Lexi125vva. Sekarang yuk bahas fitur-fitur yang ada pada Yamaha Lexi 125vva. Memang beberapa fitur dari Yamaha Lexi 125 vva ini bisa di bilang merupakan fitur-fitur standar dari sebuah motor matic masa kini, tapi selain fitur-fitur yang jamak ditemukan di motor matic lain Yamaha Lexi 125vva ini juga datang dengan beberapa fitur yang masih di anggap sebagai fitur premium. apa saja itu? yuk kita bahas satu persatu.

  • LED headligth

Fitur ini memang sudah menjadi fitur yang sudah umum di motor masa kini, tapi headlamp Yamaha Lexi 125vva ini terasa spesial dengan adanya semacam lampu DRL berbentuk alis di atas lampu jauh. Sedangkan untuk lampu belakang dan lampu sein masih menggunakan bohlam.

  • Full digital speedometer

Speedometer dari Yamaha Lexy 125vva ini mirip banget dengan speedometer punya Yamaha Aerox 155vva tapi dengan dimensi yang lebih kecil. fitur-fitur yang ada di speedometernya pun bisa di bilang lengkap.Tak hanya sebagai pengukur kecepatan berkendara kita saja, tapi speedometer Yamaha Lexi 125vva ini juga tachometer, odometer, tripmeter, eco indikator, MID atau trip meter untuk mengetahui jumlah penggunaan bahan bakar, indikator bahan bakar,indikator suhu mesin, indikator vva, juga indikator sein, jam dll.

  • Bagasi 12.8 liter

Tidak begitu luas memang, mengingat Yamaha Lexi 125vva mempunyai dek rata sehingga ruang bagasi harus berbagi tempat dengan tangki bahan bakar yang berkapasitas 4.2 liter. Tapi masih muat kok untuk menyimpan satu buah helm .

  • Ban Tubeless tapak lebar

Di bagian kaki-kaki Yamaha Lexi125 vva dibekali ban tubeless ukuran 90/90 untuk ban depan dan 100/90 untuk ban belakang yang membungkus velg berukuran 14inch. keuntungannya Yamaha Lexi 125 vva bisa anteng di kecepatan tinggi tapi tetap lincah berbelok.

  • Hazard lamp

Fitur lampu hazard atau kedua lampu sein nyala bebarengan ini bisa di bilang fitur baru untuk sebuah motor matic, jujur Omudin sendiri sih menganggap fitur ini kurang begitu berguna. Tapi mungkin Yamaha memberikan fitur lampu hazard ini atas masukan dari konsumen yang suka melakukan touring.

  • Electrik power socket

Electric power socket ini sangat berguna untuk mengisi daya gadget kita di saat sedang dalam perjalanan. meskipun rada kurang praktis juga bagi Omudin, karena power socket yang Yamaha berikan masih berbentuk lighter. Jadi kita masih memerlukan alat atau adaptor ke USB untuk mengisi daya. Tidak praktis tapi sangat berguna.

  • Side stand switch dan Smart lock

Kedua fitur ini merupakan fitur yang bisa di bilang wajib dan sangat standar di motor matic. Side stand switch berguna untuk mencegah mesin hidup ketika standar samping masih dalam posisi belum di naikkan dan mesin akan otomatis mati saat standar samping di turunkan. Sedang Smart lock adalah fitur untuk mengunci rem di saat parkir atau berhenti terutama kalau di medan yang miring. pengoperasianya dengan menekan tuas rem belakang diikuti memencet tombol yang ada di pangkal tuas rem belakang.

  • SSS dan SMG

SSS atau Stop Start System adalah sebuah sistem dari Yamaha yang membuat mesin motor mati sendiri di saat motor berhenti atau diam dalam jangka waktu tertentu dan mesin akan otomatis hidup ketika gas dibuka, ya miriplah, dengan Idling Stop System punya Honda. Sobat bisa meng aktifkan dan menonaktifkan fitur ini dengan menekan tombol SSS yang berada di atas tombol Start. Fitur ini di klaim bisa lebih menghemat bahan bakar, di saat kita banyak berhenti dan kemudian jalan lagi seperti ketika kita berkendara di dalam kota yang banyak lampu merahnya sobat. Sedangkan SMG atau Smart Motor Generator sendiri membuat suara mesin lebih senyap saat dihidupkan. kalau di Honda disebut sebagai ACG.

  • Maxi relaxed

Dek rata pada Yamaha Lexi 125vva tidak sama dengan dek rata pada motor matic yang lain. Yamaha menambahkan pijakan kaki di depan dek untuk sandaran kaki sehinggakaki pengemudi bisa sedikit selonjoran. Tentunya ini bisa membuat pengemudi merasa lebih nyaman dan nggak cepat capek kakinya.

  • Sub tank suspension

Biasa kita sebut suspensi/shock tabung, fitur ini hanya ada di Yamaha Lexi 125vva type S. Selain menambah sporty tampilan dari Yamaha Lexi 125vva, juga tentu menambah empuk ayunan suspensi belakang yang kita tahu suspensi dari Yamaha terkenal lebih keras dari suspensi motor merk lain. Untuk Yamaha Lexi type standar masih menggunakan shockbreaker biasa.

  • Smart key system

Fitur ini juga hanya tersedia untuk Yamaha Lexi 125vva type S. Yamaha menyebutnya Smart Key System atau sistem kunci yang pintar karena Yamaha Lexi 125vva ini sudah menganut keyless system atau tanpa anak kunci, tinggal bawa remote yang juga punya fungsi Answer Back System ke dekat motor kemudian kita hanya perlu memutar knob untuk menyalakan atau mematikan mesin, juga untuk membuka jok. Praktis dan anti maling.

  • Mesin Blue core 125cc vva liquid cooled with forged piston & diasil cylinder

Mesin Yamaha Lexi 125vva ini adalah mesin turunan dari Yamaha NMax, tepatnya Yamaha NMax 125 yang dijual di eropa sobat. jadi bukan mesin 125cc yang ada di Yamaha Mio atau Yamaha Soul. Sehingga tentu saja selain lebih bagus dari mesin 125cc milik Yamaha yang lain juga lebih efisienatau hemat bahan bakar dan lebih powerfull karena sudah memakai VVA. Juga lebih nggak gampang panas karena berpendingin cairan.

Kalau Omudin lihat sih Yamaha Lexi 125vva ini dengan beragam fitur-fitur yang sudah Omudin sebutkan di atas bolehlah disebut sebagai penantang serius dari Honda Vario. Seru juga mungkin kalau kita bandingkan keduanya di artikel selanjutnya.

Menurutmu?