Perbedaan Honda CB150 Verza dengan Verza lama

Seperti yang sudah Omudin ulas di artikel terdahulu, bahwa tidak banyak ubahan yang AHM berikan pada Honda CB150 Verza. Boleh di bilang hanya penamaannya saja yang berubah signifikan karena sekarang memakai emblem CB, nama untuk klan naked sport Honda global. CB berarti City Bike, atau lebih mudahnya berarti sepeda motor atau kendaraan sehari-hari. Sedang klan CB yang memakai embel-embel R dibelakang angka kubikasi berarti CB versi sporty. Misal All New Honda CB150R. Nama CB VERZA bisa di artikan motor naked sport Honda yang nyaman untuk pengunaan harian VERsi StAndar.

Ubahan-ubahan yang Honda lakukan pada Honda CB150 Verza 2018 ini simpel tapi ngena. Omudin berasumsi bahwa Honda menginginkan kesan yang simpel, minimalis, sedikit retro. Cocok memang dengan peruntukanya sebagai motor harian. Lalu apa saja ubahan-ubahan yang di berikan Honda untuk motor naked 150cc nya ini? Yuk bahas bareng.

  • HEADLAMP

Perbedaan yang paling terlihat tentu saja ada pada headlamp dari Honda CB150 Verza. Kalau Verza lama menggunakan desain headlamp yang meruncing, CB150 Verza memakai headlamp berbentuk bulat. Penggunaan headlamp berbentuk bulat ini bagi Omudin malah menambah kuat identitas klan CB pada Honda CB150 Verza di banding Verza lama. Lebih klasik dan secara keseluruhan juga padu dengan desain body dari Honda CB150 Verza

  • PANEL SPEEDOMETER

Berbeda dengan Honda Verza 150 lama yang masih menggunakan panel speedometer perpaduan antara analog dan digital. Pada Honda CB150 Verza 2018 ini Honda memberikan panel speedometer yang full digital. Mirip dengan spedometer dari Honda CRF 150. Kecil, mungil dan ringkas. Kalau panel spedometer Honda Verza lama boleh di bilang lebay dan makan tempat.

  • SENSOR SPEEDOMETER

Selain panel speedometernya yang berubah dari semi digital ke mini full digital. Honda juga merubah letak dari sensor spedometer itu sendiri. Jika pada versi lama letak sensor kecepatan atau spedometer masih ada di roda depan, pada versi baru pindah ke mesin seperti pada umumnya motor-motor zaman sekarang. Masalah lebih akurat atau tidak ya entah, mungkin sobatku ada yang tahu?

  • SHROUD

Shroud atau sayap yang ada di kiri kanan tangki dari Honda CB150 Verza 2018 ini lebih kotak membulat. beda dengan versi lama yang runcing-runcing nggak jelas. Tentu perubahan shroud ini supaya lebih selaras dengan ubahan secara keseluruhan. Nggak lucu kan bila headlampnya runcing tapi shroud nya kotak atau sebaliknya. Nanti di kira motor modifan lagi ya sobatku.

  • MESIN

Sebenarnya mesin dari Honda CB150 Verza 2018 ini tidaklah berubah. Masih tetap memakai mesin SOHC 4langkah 150cc PGM_FI seperti Verza lama tapi di mapping atau di setting ulang. Sehingga power dan karakter mesin pun berubah. Bila pada Verza lama hanya punya power maksimum sebesar 9,72Kw (13,2 ps) dan torsi 12,7Nm (1,29kgf.m). Di Honda CB150 Verza power diturunkan menjadi hanya sebesar 9,59Kw (13,4ps) tapi torsinya meningkat menjadi 12,73Nm (1,30 kgf.m). Ubahan ini menjadikan Honda CB150 Verza semakin responsif di putaran bawah dan punya akselerasi yang lebih bagus. meski harus mengorbankan top speed di putaran atas. Normal, namanya juga cuma motor buat harian.

  • COVER MUFFLER

Tutup knalpot ya sobatku, bukan knalpotnya yang berubah. Kali ini Honda men downgrade cover knalpot dari Honda CB150 Verza yang dulu memakai material besi dan di chrom. Untuk versi baru cuma di kasih cover knalpot dari plastik dan hitam pula. Sungguh terlalu.

  • TANK CAP

Tank cap atau tutup tangki dari Honda CB150 Verza masih tetap jendol belum rata. Tapi punya desain baru yang lebih menarik. Warnanya pun berubah, kalau dulu tutup tangkinya kinclong sekarang menjadi hitam. Mungkin akibat si Verza ini kebanyakan berjemur berpanas-panas ria ya sobatku.

  • LAMPU SEIN

Masih tetap berjumlah 4 buah untuk satu unit motonya, hehe. Bentuknya pun mirip, cuma lampu sein dari Honda CB150 Verza 2018 ini punya dimensi yang lebih kecil dari versi lama.

Hmmm,,, apalagi ya sobat? Ada yang mau nambahin?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*