Pilih Honda PCX 150 Atau Yamaha NMax 155?

Satu pertanyaan seribu jawaban sobatku. Mungkin sobatku termasuk orang yang juga galau memilih antara AllNew Honda PCX 150 atau NMax 155.Keduanya merupakan matic premium di kelas big matic 150cc. Bertanya ke lain orang, sobatku pasti akan memperoleh lain jawaban. Jadi menurut Omudin manakah yang lebih baik antara All New Honda PCX 150 dan Yamaha NMax 155? yuk bahas bareng.

  • Desain

Hal pertama yang Omudin rasa penting untuk di bandingkan adalah dari segi desain. Tak dapat di pungkiri tampilan secara visual lah yang membuat kebanyakan orang menjatuhkan pilihan. Tapi lain mata lain pula yang dilihat, apa yang bagus di mata kita belum tentu bagus di mata orang lain. Tak dapat di ukur secara pasti.

Omudin sendiri melihat antara Honda All New PCX 150 dan Yamaha NMax 155 di desain dengan alur desain yang berbeda. Tampilan All New Honda PCX lebih menonjolkan kesan big matic yang mewah, nyaman, dan elegan. Sedang Yamaha NMax 155 lebih ke aura sporty dan nyaman. lihat saja di area dashboard, lampu depan, buritan, dan keseluruhan desain dari keduanya PCX terlihat lebih mewah dan berkelas tapi NMax lebih garang dan sporty. Riding position atau posisi berkendara kedua motor ini pun berbeda. All New Honda PCX mempunyai riding position yang nyaman sedang Yamaha NMax bisa nyaman bisa sporty sehingga bisa lebih lincah tapi tak senyaman PCX.

Selain itu, All New Honda PCX 150 mempunyai desain yang terhitung masih fresh di banding Yamaha NMax 155 yang sudah berumur. Gampang kata jika sobatku memilih Yamaha NMax saat ini, mungkin tak lama lagi sobat akan kecewa karena bisa jadi pihak Yamaha akan memperbaharui desain dari NMax sehingga NMax sobatku terlihat usang. Tapi bisa juga tidak, karena kebiasaan Yamaha untuk motor generasi keduanya desainya kadang lebih buruk dari gen pertama. Kalau buat Omudin sendiri lebih memilih All New Honda PCX 150, karena lebih terlihat mewah dan nggak pasaran.

  • Fitur

Di adu secara fitur, All New Honda PCX 150 yang datang belakangan membawa beberapa fitur yang lebih banyak di banding Yamaha NMax 155. Yang paling terlihat tentu adanya fitur smart key system dan power outlet yang tidak di punyai oleh Yamaha NMax. Juga tak adanya fitur smart stop system dan smart motor generator membuat Yamaha NMax kalah pamor dengan All New Honda PCX yang sudah memiliki fitur ACG starter dan ISS. Sedangkan fitur Yamaha NMax yang tak dimiliki oleh All New Honda PCX adalah sub tank suspension atau shocbreaker tabung.

Keduanya memiliki rem cakram depan belakang dan sudah ABS, tapi Yamaha NMax ABSnya ada di rem belakang dan depan sedang All New Honda PCX ABSnya hanya di rem depan saja. Bagasi pun sama luasnya. Lampu-lampu sama-sama memakai LED, PCX punya lampu hazard NMax tidak. Kaki-kaki Yamaha NMax lebih kekar karena menggunakan ban yang setingkat lebih besar di banding PCX. NMax punya ban ukuran 130/70 belakang dan 110/70 depan yang membalut velg ring 13inch sedang ban PCX 120/70 belakang dan 100/80 depan dengan velg ukuran 14inch. Keduanya sudah tubeless.

Pun sama-sama sudah full digital speedometer. kalau PCX punya technologi eSP, NMax punya BlueCore dan sama-sama full injection. Side stan switch? Keduanya punya.

  • Mesin

Yamaha NMax menang mutlak disini. Mengusung mesin liquid cooled 155cc 4valves BlueCore with VVA dengan muntahan power sebesar 11,1 KW/8000rpm dan torsi maksimal sebesar 14,4Nm/6000rpm, Yamaha NMax tentu lebih unngul performanya dibanding Honda PCX yang bermesin liquid cooled 150cc eSP dengan muntahan power sebesar 10,8KW/8500rpm dan bertorsi hanya 13,2Nm/6500rpm. Secara umum bisa di katakan Yamaha NMax lebih powerfull daripada Honda PCX. Juga mesin NMax lebih efisien berkat technologi VVAnya. Bobot Yamaha NMax pun lebih ringan 5kg dibanding Honda PCX, sehingga Power to weigth ratio Yamaha NMax lebih besar di banding Honda PCX

  • Harga, Aftersales dan modifikasi

Yamaha NMax lebih unggul di aftersales dan modifikasi bagi Omudin. Motor-motor Yamaha dari dulu terkenal lebih gampang dan lebih enak di modifikasi daripada motor-motor keluaran Honda. Apalagi Yamaha NMax telah lama lahir, sehingga pert-part modif Yamaha NMax tentu lebih banyak tersedia di pasaran di banding PCX yang baru lahir. Bengkel-bengkel pun sudah tentu lebih mengenal masalah-masalah dan cara menangani Yamaha NMax. Spare part baik yang OEM atau aftermarket Yamaha NMax pun sudah tentu lebih mudah didapat. Soal harga? All New Honda PCX 150 dilepas dengan harga mulai RP. 27.700.000 untuk variant CBS dan RP. 30.700.000 untuk yang ABS. Sedang Yamaha NMax di bandrol Rp. 26.300.000 untuk versi standar dan yang versi ABS Rp. 30.200.000. Mahal atau murahnya menurut OMudin sih bergantung pada kondisi kantong masing-masing hehehe…

Ringkasnya. Mau nyari yang elegan,comfort ada All New Honda PCX 150, nyari yang lincah sporty dan powerfull ada Yamaha NMax 155. Menurutmu?

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*