Bagaimana Kalau Yamaha MX King Pakai Mesin 155vva

Arah dari pengembangan produk yang di anut oleh pabrikan saat ini kebanyakan menganut prinsip low cost. Strategi common part lebih di sukai daripada mendesain produk yang benar-benar baru atau all new. Seperti Yamaha MX King sendiri yang saat ini menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha Vixion dan R15 generasi kedua. Juga Yamaha NMax yang berbagi mesin dengan Yamaha Aerox, sama-sama bermesin 155vva.

Dengan strategi seperti itu pabrikan bisa memberikan produk yang bermacam-macam sesuai kebutuhan konsumen tanpa membebani cost atau biaya produksi. Sehingga harga jual produk pun bisa lebih murah. Selain konsumen di untungkan dengan harga unit yang murah, urusan spare part pun lebih mudah didapat karena part motor satu dengan yang satunya ada kesamaaan.

Sejak di perkenalkan di awal tahun 2015 lalu. Yamaha belum melakukan ubahan yang berarti untuk sang raja bebek ini, paling cuma gonta-ganti stripping saja. Memang sih, persaingan di kelas moped atau bebek 150 cc tak se sengit seperti kelas sport atau matic 150cc. Pesaing di kelas ini cuma ada Honda Supra GTR 150 yang penjualanya belum pernah sekalipun bisa menumbangkan sang raja.

Tapi mengingat Yamaha MX King ini sudah cukup berumur dan memang kalau menurut primbon life cycle 3 tahunan. Sudah saatnya Yamaha MX King mendapatkan baju baru atau bahkan jantung pacu yang baru dari Yamaha. Kalu soal baju baru sih Omudin nggak berharap banyak pada Yamaha. Kebiasaan Yamaha yang selama ini selalu menghancurkan tampilan motor-motornya sebaiknya tidak usah di teruskan. Contoh kasus, tentu sobatku ingat bagaimana Yamaha Jupiter Z gen 2 atau yang biasa disebut jupiter burhan yang ganteng. Tapi kemudian jadi jupiter culun di gen berikutnya. Juga Yamaha Vixion Advance yang desainya lumayan apik di ganti sama desain hasil modif petugas SPBU.

Bocoran dari suhu otomotif roda dua Indonesia wak haji taufik. Memang ada pergerakan dari Yamaha untuk menseragamkan line up nya di kelas 150cc menjadi 155cc. Jadi logis kiranya next gen dari Yamaha MX King ini kalau menggendong mesin 155cc Vva seperti yang di pakai Yamaha R15 v3 dan Yamaha Vixion R. Selain tentu menghemat biaya produksi karena common part dengan kedua kakaknya, tentu akan menambah nilai jual dan kesan positif di mata konsumen bila Yamaha MX king memakai mesin 155cc yang sudah VVA. Makin ngacir aja sendirian meninggalkan pesaingnya.

Bayangin Yamaha MX King bermesin 155cc plus VVA di tambah Assist & Slipper Clutch seperti All New R15. Selain makin ngacir larinya tentu juga tetap efisien bahan bakarnya. Meski tetangga memakai mesin DOHC tetep dan mungkin makin ngos-ngosan mengejar sang raja. Asal nggak makai baju desain pinggir jalan saja seperti Yamaha Vixion R.

Menurutmu?

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha Soul GT 2018 Akan Ada Versi Keyless? - OmuDin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*